Browse By

Barang Kuno dan Antik Bisa Jadi Perabot yang Unik dan Menawan Rupanya

Ternyata dari barang kuno seperti jendela dan daun pintu rumah kuno bisa digunakan juga untuk pintu kabinet di ruang dapur. Dengan menggunakan material tersebut dapat membuat dapur menjadi lebih cantik dan unik pastinya.

Dapur etnik modern (Foto:ideaonline)

Dapur etnik modern (Foto:ideaonline)

Sepertinya dapur berikut ini dapat menginspirasi Anda yang suka berburu barang-barang antik dari bongkahan rumah kuno. Dapur ini gayanya cukup sulit untuk dianalisa. Jika diperhatikan dengan seksama, dapur ini tidak bergaya etnik, namun juga tidak bisa dikatakan bergaya modern. Pasalnya kedua gaya tersebut berpadu dengan sangat indah pada ruang dapur yang satu ini. Coba lihat pintu-pintu kabinet tersebut, percaya atau tidak itu bekas jendela dan daun pintu rumah tradisional Jawa.

4600desainrumah

Sang pemilik rumah mengatakan bahwa sebenarnya daun pintu yang digunakan berukuran sangat panjang. Tetapi karena ukuran kabinet tidak sepanjang itu, terpaksa menuntut kreatifitas lebih. Dan hasilnya, daun pintu tersebut kemudian dipotong sesuai dengan ukuran kabinet. Sisa potongan itu tidak dibiarkan sia-sia, maka dijadikan sebagai pintu buffet di ruang tamu.

Lantas, bagaimana dengan bagian bawah pintu kabinet di dapur? Jika tadi yang digunakan adalah daun pintu, untuk bagian bawah kabinet ini menggunakan jendela hasil bongkahan rumah kuno. Pilihan warna yang sesuai, dipadukan dengan efek mengelupas, menjadikan kesan kuno dan antik pada perabotan tersebut tetap kuat.

Penggunaan barang-barang antik dan kuno tidak cukup sampai pada daun pintu dan jendela saja. Ternyata, eksplorasi yang dilakukan oleh sang pemilik lebih jauh dari itu. Kayu lesung tua pun diubahnya menjadi sebuah rak untuk botol yang tampak begitu unik dan cantik. Begitu pula dengan botol-botol pada rak tersebut yang ternyata adalah botol bekas wine yang usianya sudah mencapai puluhan tahun. Untuk mendapatkannya saja, harus rela berlelah-lelah ke pasar loak.

Beranjak lebih jauh, untuk rak single yang berada tepat di atas rak dan menyerupai ambalan tersebut ternyata hasil olahan kreatifitas juga. Rak single tersebut terbuat dari bekas kusen pintu bagian atas atau jendela yang umum ditemui di rumah tradisional Jawa. Menakjubkan bukan? Cobalah untuk terus mengembangkan kreasi untuk menghasilkan perabotan dari barang-barang kuno yang sepertinya sudah tidak bermanfaat lagi menjadi sebuah karya seni yang menawan.(chy)

Leave a Reply

shares