Browse By

BI Rate Naik, Prestasi BSD Terganggu

Ilustrasi BI Rate (foto:merdeka)

Ilustrasi BI Rate (foto:merdeka)

Tingginya nilai suku bunga acuan (BI Rate) yang mencapai 7,5 % berpotensi menggangu kinerja PT. Bumi Serpong Damai (BSD) Tbk. Hal tersebut dikarenakan perusahaan mengandalkan sekitar 50% penjualan properti dari Kredit Perkreditan Rakyat (KPR).

Senin, 27 Januari 2014, Hermawan Wijaya selaku Corporate Secretary BSD, mengungkapkan bahwa tingkat suku bunga yang cenderung meningkat menjadi penyebab terganggunya penjualan properti perusahaan. Adapun penyebab lain yaitu adanya peraturan mengenai LTV (Loan to Value) dari Bank Indonesia meskipun hanya bersifat sementara saja.

4600desainrumah

Dirinya menjelaskan bahwa saat ini perbankan sedang memperhatikan pola pemberian KPR ke developer. Meskipun begitu, pihaknya masih terus melakukan penjualan seperti biasanya, untuk demand sedang menunggu KPR. Tetapi, secara umum sebanyak 50 % pembeli dari KPR, dan sisanya yaitu dari pembelian tunai dan cicilan bertahap. Sehingga, yang terkena pengaruhnya yaitu sebesar 50 % dari keseluruhan konsumen normal.

Keadaan ini memaksa perusahaan hanya menargetkan penjualan sekitar Rp 5,5 – 5,7 triliun di tahun ini. Target penjualan di tahun ini lebih rendah dari penjualan di tahun 2013 lalu yang mencapai Rp 7,35 triliun. Penurunan target penjualan disebabkan suku bunga yang tinggidan kondisi pasar yang belum stabil.(chy)

Leave a Reply

shares