Browse By

Dapur Bersih Berkat Garam

Peralatan Dapur Bersih (Foto:ideaonline)

Peralatan Dapur Bersih (Foto:ideaonline)

Jika Anda mendapatkan garam dengan butiran yang cukup kasar, baiknya jangan dibuang. Sebab butiran kasar yang ada pada garam tersebut berfungsi sebagai alat penggosok alami khususnya untuk peralatan masak yang ada di dapur Anda. Perlu Anda ketahui, bahwa semua jenis garam yang Anda ketahui pada umumnya, seperti garam meja, garam laut, ataupun garam kosher dapat Anda gunakan sebagai pembersih. Namun untuk pilihan termurah, Anda bisa gunakan garam meja.

Cara menggunakan garam sebagai alat pembersih yaitu, Anda dapat campurkan garam dengan perasan air jeruk lemon kemudian gosokkan pada alat dapur yang kotor. Misalnya, noda pada telenan, noda minyak pada panci ataupun wajan, noda minyak pada meja ataupun counter yang terbuat dari kayu. Selain itu, Anda juga bisa gunakan setengah jeruk lemon saja untuk membersihkan wastafel.

4600desainrumah

Berikut beberapa macam fungsi garam sebagai alat pembersih di di area dapur rumah Anda yaitu :

1. Membersihkan bunga tiruan
Bagi Anda yang memiliki hiasan bunga palsu, tidak usah khawatir jika ingin membersihkannya. Anda juga bisa gunakan garam sebagai alat pembersih bungan palsu hiasan Anda. Caranya, masukkan bungan palsu hias Anda ke dalam kantong kertas kemudian beri garam di dalamnya. Setelah itu Anda tutup dengan rapat dan kocok hingga beberapa menit dengan cukup kuat. Garam akan menyingkir beserta debu dan kotoran yang ada pada bunga hiasan palsu Anda sehingga bunga hiasan palsu Anda akan tampil cantik kembali.

2. Sebagai Pemmbersih Alat makan dan masak yang terbuat dari kaca
Tidak perlu takut jika garam akan menggores alat makan ataupun alat masak Anda yang terbuat dari kaca. Sebab garam tidak akan dapat merusak peralatan kesayangan Anda sehingga akan membantu membersihkan noda yang membandel. Caranya, cukup Anda tambahkan garam saat dibersihkan, maka noda yang membandel akan menghilang.

3. Sebagai alat Pembersih Panci dan wajan yang berminyak
Jika panci dan wajan Anda penuh dengan noda minyak, Anda cukup gunakan garam untuk menghilangkannya. Caranya yaitu, taburkan garam pada alat masak Anda agar minyak yang nempel diserap oleh garam. Setelah itu, bersihkan garam sebelum Anda cuci menggunakan sabun. Ingat, penggunaan garam baiknya tidak dipakai untuk alat masak anti lengket.

4. Sebagai Alat Pembersih dari Tumpahan di dalam oven
Oven selalu saja kotor jika Anda selesai membuat macam-macam hidangan, misalnya saja casserole, mac and cheese, ataupun hidangan lain yang memerlukan oven. Dan kotoran tersebut tentu keluar dari buih yang ditimbulkan dari buih tumpahan bahan. Untuk membersihkannya, Anda taburi garam pada tumpahan tadi kemudian diamkan hingga oven menjadi dingin kemudian bersihkan menggunakan spons basah atau kain yang lembut.

5. Sebagai Alat Pembersih Noda Pada cangkir teh dan cangkir kopi
Cara membersihkannya yaitu taburkan garam pada bagian luar kulit jeruk lemon, kemudian gosok pada bagian cangkir yang kotor atau pada bekas noda kopi dan bilas.

6. Sebagai Alat Pembersih Minyak pada meja dapur
Selain alat dapur, garam juga dapat digunakan untuk membersihkan meja dapur yang kotor, tentu meja yang terbuat dari kayu. Caranya, taburkan garam pada meja yang terdapat noda minyak, kemudian Anda tutupi dan diamkan agar garam menyerap minyak dengan sendirinya. Kira-kira cukup satu jam Anda diamkan kemudian bersihkan dengan kain lembut.(chy.mt)

Leave a Reply

shares