Browse By

Hiasan Untuk Ruang Dapur dan Ruang Makan

Desain modern, elegan, mewah, dan unik untuk sebuah rumah bukan hanya untuk diterapkan pada ruangan tertentu saja yang frekuensi penggunaannya lebih tinggi. Ruang dapur dan ruang makan juga perlu mendapatkan sentuhan khusus. Maka dari itu, cobalah untuk mendekorasi ruangan tersebut sesuai gaya yang sedang tren saat ini.

Ruang Makan Plus Ruang Dapur (Foto:vaganzanews)

Ruang Makan Plus Ruang Dapur (Foto:vaganzanews)

Pada umumnya, ruang dapur dan ruang makan posisinya saling berdekatan satu sama lain. Memang seperti sebuah pasangan yang pas mengingat ruang dapur sebagai tempat pengolahan makanan, dan kemudian makanan tersebut disajikan dan dihidang bersama keluarga di ruang makan.

4600desainrumah

Memang, dalam ilmu arsitektur bahwa ruang dapur dan ruang makan akan lebih baik jika posisinya berdampingan. Hal tersebut bertujuan agar dalam proses penyajian makanan menjadi lebih cepat dan praktis. Namun, desain yang diterapkan beragam yaitu ada yang menyatukan antara ruang dapur dan ruang makan tanpa sekat. Ada pula yang memisahkan kedua ruangan tersebut dengan pembatas maupun dinding tembok meskipun letaknya berdampingan. Jenis penempatan ini menjadi hal yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan dalam menentukan dekorasi yang tepat dan bagus untuk kedua ruangan tersebut.

Apabila ruang dapur dan ruang makan menyatu, maka sebaiknya menggunakan warna yang seirama dengan ruang lainnya. Tujuannya yaitu agar kedua ruang ini tidak tampak terpisahkan dengan ruangan lainnya. Dengan begitu, dapat menimbulkan kesan luas juga pada ruangan tersebut. Tetapi, akan berbeda halnya apabila ruang dapur dan ruang makan berdiri sendiri-sendiri.

Apabila ruang makan berada terpisah dengan ruang dapur, maka akan lebih leluasa dalam mendekorasinya. Untuk pengaplikasian warna pun juga dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan. Namun meskipun begitu, dalam penerapannya juga sebaiknya tidak menggunakan lebih dari tiga warna ataupun dengan menggunakan warna gelap. Hal tersebut dapat menyebabkan ruangan akan terkesan sempit, tampak pengap, dan sangat tidak nyaman jika digunakan. Jika memang ingin menggunakan lebih dari satu warna, cukup mengaplikasikan warna primer dan sekunder saja. Mainkanlah warna sekunder sesuai selera, dan warna primer hanya sebagai aksen.

Begitu pula untuk ruang dapur, jika posisinya terpisah dengan ruang makan maka akan lebih bebas berkreasi dalam desain dekorasinya. Akan tetapi, disarankan untuk ruang dapur ini menggunakan warna netral. Tetapi tidak masalah jika ingin mengaplikasikan warna-warna lain sesuai selera dan kepribadian untuk ruang dapur. Asal perlu diingat, warna tersebut juga sesuai dengan perabotan dapur seperti kitchen set, kabinet, lantai, dan lain sebagainya. Jika warna saling bertabrakan, dapat membuat ruangan terasa kacau dan sangat aneh. (chy)

Leave a Reply

shares