Browse By

Segarkan Ruang Dapur Dengan Cooker Hood

Cooker hood Terpasang di Dapur (Foto:modena)

Cooker hood Terpasang di Dapur (Foto:modena)

Kegiatan memasak di dapur biasanya dapat membuat ruangan menjadi penuh asap dan sangat tidak nyaman. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, cooker hood akan menjadi solusi yang terbaik. Cooker hood merupakan alat penghisap asap yang dapat diaplikasikan pada ruangan, khususnya adalah dapur. Dengan menggunakan cooker hood, Anda bisa memasak dengan lebih leluasa tanpa harus khawatir ruangan akan penuh dengan asap dan tentunya akan lebih nyaman.

Jika berminat untuk mengaplikasikannya di dapur rumah, perlu dipertimbangkan beberapa hal berikut untuk menentukan jenis cooker hood yang tepat.

4600desainrumah

  • Luas Dapur –> Jika ruang dapur berukuran cukup besar, lebih cocok menggunakan Island Hood atau Chimney Hood.
  • Model dan Warna –> Sesuaikan warna cooker hood dengan selera Anda masing-masing atau sesuaikan dengan tema dapur agar tampilan dapur tidak terlalu mencolok.
  • Spesifikasi –> Spesifikasi cooker hood beragam dan biasanya dibedakan berdasarkan satuan luas meter kubik (m3) per jam. Apabila kegiatan memasak di dapur dilakukan dalam frekuensi waktu yang cukup tinggi (sering), gunakanlah cooker hood dengan kapasitas daya hisap yang besar. Dan sebaliknya, apabila Anda merasa hanya memasak sesekali maka cukup dengan menggunakan cooker hood dengan daya hisap yang kecil. Mengenai konsumsi listrik, tentu cooker hood dengan daya hisap besar membutuhkan tenaga yang lebih besar.

Untuk diketahui, bahwa cooker hood dapat bekerja dengan dua sistem pembuangan yang berbeeda. Sistem pembuangan yang pertama yaitu dengan “sistem exhausting”. Cara kerjanya cukup sederhana yaitu asap dalam ruang dapur dihisap lalu disalurkan melalui sebuah pipa yang kemudian langsung mengarah ke luar rumah.
Sistem pembuangan yang kedua yaitu dengan “sistem recycling”. Cara kerjanya yaitu ketika asap dihisap, tidak langsung dibuang melainkan disaring melalui metal dan karbon filter. Setelah disaring, kemudian udara yang sudah bersih akan kembali ke ruang dapur. Metode pembuangan yang kedua ini biasa diterapkan apabila ruang dapur tidak memungkinkan untuk dipasang pipa dengan ukuran yang cukup panjang menuju luar ruangan.

Jadi, Anda sudah mengerti bukan betapa pentingnya cooker hood di ruang dapur? Cobalah untuk mengaplikasikannya di ruang dapur rumah Anda agar kegiatan memasak menjadi lebih nyaman dan ruangan akan terasa lebih segar.(chy)

Leave a Reply

shares