Browse By

Switzerland Memohon Peraturan Baru Untuk Tahan Laju Penjualan Harta

Property di Swiss (foto:online.wsj)

Property di Swiss (foto:online.wsj)

Swiss akan menerapkan aturan baru untuk menekan laju pertumbuhan pasar properti yang kian pesat. Langkah yang diambil Swiss yaitu dengan membatasi modal perbankan untuk menekan laju KPR.

Penerapan peraturan baru ini dlakukan bank sentral Swiss (Swiss National Bank/SNB) dengan meminta kepada pihak bank pemberi pinjaman untuk menahan modal sampai 2 % terhadap aktiva tertimbang menurut resiko hipotek. Pembatasan rasio sebelumnya pada Oktober tahun 2013 lalu hanya sebesar 1 %.

4600desainrumah

Informasi dari WorldPropertyChannel, Minggu, 26 Januari 2014, pemerintah Swiss mengatakan bahwa SNB telah menyimpulkan angka kenaikan berkelanjutan dalam pinjaman hipotek serta harga properti perumahan Swiss dan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan.

Jumlah pinjaman diperketat oleh Bank sentral sebagai akibat dari kenaikan harga rumah, yaitu terutama di kota-kota yang menjadi pangsa pasar utama seperti Jenewa dan Zurich. Penetapan aturan sebelumnya ternyata tidak mampu menghentikan laju kenaikan harga properti di negara tersebut.

Hal tersebut dikarenakan Swiss akan tetap menahan tingkat suku bunga di kisaran 0 % untuk mengurangi tekanan terhadap mata uangnya (franc) dan membantu tumbuhnya perekonomian.(chy)

Leave a Reply

shares