Browse By

Target Pengeluaran Kayu Indonesia Kejar Malaysia dan Vietnam

Ilustrasi Produksi Kayu (foto:antara)

Ilustrasi Produksi Kayu (foto:antara)

Hingga saat ini pasar produk kayu dan rotan Indonesia didominasi oleh negara-negara Eropa, Timur Tengah, Jepang, dan Amerika Serikat. Pasar Amerika mencapai 40% sedangkan Eropa bahkan mencapai 45%. Hal tersebut disampaikan oleh Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI).

Jumat, 24 Januari 2014, Soenoto selaku Ketua AMKRI, mengatakan bahwa para pengusaha rotan dan mebel di Indonesia ingin menjangkau pasar hingga ke wilayah Afrika. Dirinya juga mengungkapkan bahwa pihaknya ingin membuka emerging market yaitu di India, Rusia, Amerika Latin, Afrika, dan negara-negara satelitnya Uni Soviet dulu. Menurutnya, masih banyak pangsa pasar yang belum dijamah.

4600desainrumah

Soenoto menjelaskan bahwa Indonesia ada diperingkat ke-13 dunia dalam ekspor produksi furnitur dan mebel. Maka diharapkan lima tahun ke depan dengan membuka pasar baru dapat membuat Indonesia berada di atas peringkat Malaysia dan Vietnam.

Dirinya berharap semoga kedua negara tersebut performa industrinya dapat dikejar dan tidak semakin memberi jarak kepada Indonesia. Soenoto mengakui bahwa performa industri furnitur Indonesia dapat dikatakan masih memalukan dan memilukan. Tetapi dirinya tidak akan membiarkan hal tersebut berlarut-larut agar Indonesia dapat segera bangkit.(chy)

Leave a Reply

shares